Senin, 14 September 2009

Peneliti Jepang mengunjungi KOPEL Sulawesi dan Parlemen Group Makassar

12 September 2009,Yoko panggilan akrab dari Yoko Honma seorang peneliti dari Jepang berkunjung di kantor KOPEL Sulawesi Jl. Batua Raya IX Makassar.Sebenarnya Yoko di jadwalkan tiba di KOPEL jam 13.00 wita akan tetapi jadwal tersebut molor sampai jam 15.30 wita. Koordinator KOPEL Syamsuddin Alimsyah beserta staf dengan setia menunggu kedatangan Yoko meski beberapa jadwal diskusi pada waktu yang bersamaan tidak dihadiri.

Yoko seorang gadis Jepang adalah Assistant Program pada Japan Platform setiba di kantor KOPEL selain diterima oleh coordinator dan staf KOPEL juga dihadiri oleh beberapa Ketua Parlemen Group yang ada di Kota Makassar. Dalam kunjungan tersebut Yoko banyak memperoleh informasi tentang profil dan kinerja KOPEL mulai dari terbentuknya pada tahun 2000 sampai sekarang. Dalam pertemuan itu peneliti Jepan tersebut juga banyak bertanya tentang keberadaan Parlemen Group, apa sama dengan Forum Warga yang ada di daerah lain, Serta hubungan Parlemen Group dengan KOPEL.

Diakhir kunjungan tersebut Yoko sangat salut dengan keberadaan KOPEL Sulawesi, karena selain memperoleh penjelasan dari coordinator dan beberapa staf KOPEL dia juga melihat langsung bukti-bukti fisik tentang kinerja KOPEL , termasuk hasil liputan dari berbagai media dan produk hasil program.Syamsuddin Alimsyah sebagai coordinator KOPEL mempertanyakan tentang partisipasi masyarakat terhadap kinerja pemerintahan di Jepang. Yoko dengan bahasa Inggris yang sangat lancar menjelaskan bahwa masyarakat di Jepang menerima kinerja pemerintah,dalam arti apa yang dilakukan pemerintah adalah sudah benar.Tapi lanjut Yoko, apa yang diperoleh dari pertemuan dengan KOPEl sekarang menjadi inspirasi untuk mendorong masyarakat berpartisipasi dalam mengevaluasi kinerja pemerintah.(Rusni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar